29 Agustus 2013

Emas Turun, Tertekan Data Positif Ekonomi AS

130625_emas-2.jpg
CHICAGO--Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange terus menurun pada Jumat pagi WIB, tertekan data positif ekonomi Amerika Serikat.
Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember jatuh US$5,9 atau 0,42% menjadi menetap di US$1.412,9 per ounce.
Departemen Tenaga Kerja AS pada Kamis melaporkanbahwa jumlah orang yang mengajukan tunjangan asuransi pengangguran baru AS turun 6.000 menjadi 331.000 dalam pekan yang berakhir 24 Agustus, mendekati tingkat terendah dalam 6 tahun.
Sementara itu, Departemen Perdagangan AS mengatakan bahwa produk domestik bruto (PDB) AS tumbuh pada tingkat tahunan 2,5% pada kuartal kedua, jauh lebih cepat dari 1,1% pada kuartal pertama.
Penguatan data ekonomi AS telah menghidupkan kembali ekspektasi pasar bahwa Federal Reserve AS akan segera menurunkan program pembelian obligasinya, dan karena itu membawa pergi daya tarik "safe haven" emas.
Emas juga kehilangan dukungan kuat ketika prospek serangan militer segera terhadap Suriah telah berkurang.
Presiden AS Barack Obama pada Rabu mengatakan bahwa ia belum cukup mengambil keputusan tentang Suriah, sedangkan PM Inggris David Cameron telah sepakat untuk mengadakan pemungutan suara terpisah guna menyetujui aksi militer di Suriah.
Kenaikan dolar AS karena data ekonomi positif pada Kamis lebih lanjut memperlemah emas.
Perak untuk pengiriman Desember turun 29,9 sen atau 1,22% menjadi ditutup pada US$24,14 per ounce.
Platinum untuk pengiriman Oktober kehilangan US$17,7 atau 1,15% menjadi ditutup pada US$1.522,4 per ounce. (ra)

Source : Newswire
Editor : Rustam Agus

0 comments:

Posting Komentar