21 Mei 2013

Rumah Terbuat dari 30 Ribu Botol Bekas

detail berita
Rumah Botol (Foto: Okezone)
BANDUNG - Rumah botol milik Arsitek Ridwan kamil yang beralamat di Jalan Cigadung Selatan Nomor VII/a28 Bandung memang unik. Rumah tersebut terbuat dari puluhan ribu botol bekas minuman.

Kepada Okezone, dirinya bercerita jika saat membangun dinding rumah dari botol bekas tidak mudah, karena harus mengumpulkan botol sebanyak-banyaknya. Perlu waktu enam bulan untuk mengumpulkan jumlah botol yang diperlukan. Dalam waktu tersebut, Ridwan berhasil mengumpulkan 30 ribu botol bekas minuman berenergi.

Setelah terkumpul, maka mulailah botol-botol itu disusun hingga bisa menjadi dinding. Tiap botol ditutupi dengan gabus yang direkat dengan lem kaca, lalu antara botol yang satu dengan lainnya juga direkat dengan lem kaca yang diperkuat dengan besi tiap 50 centimeter susunan botol.

Dengan demikian, Ridwan bisa menghemat pemakaian semen dan pasir dalam membangun rumah tinggalnya.

Kini, rumah tersebut berdiri anggun di kawasan Bandung utara. Warga sekitar yang mengenalnya sebagai rumah botol. Tidak jarang rumah ini menjadi objek liputan media massa lokal dan internasional. Sepengtahuan Ridwan, di Indonesia belum ada rumah dari botol seperti yang didesainnya. (nia)


Sumber : okezone.com 

0 comments:

Posting Komentar