16 Juni 2013

Contoh : Hebat! Ingin Mandiri, Negara di Afrika Ini Setop Impor Beras


http://images.detik.com/content/2013/06/17/4/beras4.jpg Foto: dok.detikFinance


Banjul - Gambia, sebuah negara kecil di sebelah Barat Afrika akan menghentikan impor beras mulai 2016. Hal ini dicetuskan oleh Presiden Gambia Yahya Jammeh agar beras produksi dalam negeri laku dan negara bisa mandiri.

"Mulai 2016, kami akan melarang impor beras ke negara ini, dengan tujuan memperkuat industri pangan lokal, dan mempromosikan kemandirian pangan dan kesehatan," ujar Yahya seperti dikutip dari AFP, Senin (17/6/2013).

Beras merupakan makanan pokok penduduk Gambia, namun produksi beras di negara ini kecil dibandingkan dengan tingkat konsumsinya. Gambia biasa mengimpor beras dari negara di Asia Tenggara.

Menurut data resmi, sampai 2009, impor produk agrikultural terbanyak yang dilakukan negara ini adalah beras. Padahal sektor agrikultur memiliki porsi 26% dari pendapatan negara ini, dan juga menyerap sepertiga dari total tenaga kerja.

Keputusan Yahya ini dilakukan setelah seminggu sebelumnya Gambia juga melarang masuknya impor paha ayam beku. Semua larangan impor dilakukan untuk memajukan industri pangan di negara tersebut.

0 comments:

Posting Komentar