10 Juli 2013

Anak Minta Uang Tambahan, Wanita Terkaya Ini Malah Menyuruh Kerja di Restoran

http://images.detik.com/content/2013/07/10/68/zhang.jpg
Jakarta - Zhang Xin, wanita terkaya nomor 7 di dunia ini tumbuh di dalam keluarga miskin. Berawal dari kerjanya di pabrik buruh pada umur 14 tahun, wanita ini lebih kaya dari Donald Trump, Steven Spielberg, dan Oprah Winfrey.

Zhang menjadi pengusaha pengembang properti di China, dan merupakan wanita terkaya nomor 7 di dunia dengan kekayaan US$ 3,6 miliar atau Rp 34,2 triliun menurut majalah Forbes. Zhang lebih kaya US$ 800 juta dari Oprah Winfrey.

Ia sudah memiliki anak dan suami. Ketika anaknya yang masih muda menginginkan uang tambahan, Zhang tidak memberi begitu saja. Ia justru menyuruh anaknya untuk bekerja di restoran cepat saji untuk mendapatkan tambahan uang.

"Dia tidak pernah memberikan ajaran untuk bersifat tinggi. Apalagi menggunakan kekayaan usahanya untuk sang anak," jelas artikel mengenai Zhang yang tertuang dalam AsiaOne, Rabu (10/7/2013).

Zhang merupakan wanita yang fantastis. Ia berperan dalam mengubah wilayah pinggiran China menjadi modern dengan logo perusahaannya yaitu SOHO, yang terlihat di banyak gedung-gedung di Beijing.

"Perempuan tidak harus takut untuk naik ke atas. Mereka harus pergi untuk impian mereka bahkan jika itu berarti menolak norma-norma sosial," ungkap Zhang pada kesempatannya ketika diwawancarai CNN.

Menurut dia, banyak wanita meskipun cerdas dan berpendidikan, di beberapa titik akan memutuskan untuk tinggal di rumah karena lebih nyaman.

"Sikap seperti ini merupakan hambatan nyata menghentikan wanita dari berhasil dalam karir mereka," tutur Zhang.

Saat umur 14, Zhang dan ibunya pindah ke Hong Kong dan menghabiskan 5 tahun sebagai buruh pabrik bergaji rendah, mulai dari pabrik mainan, pakaian, dan elektronik. Keduanya terus menabung agar Zhang bisa sekolah di Inggris

0 comments:

Posting Komentar