05 Februari 2014

22 Gunung yang Menggeliat Tak Saling Berhubungan



Gunung Semeru
Gunung Sinabung

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi memastikan tidak ada masalah genting yang menyebabkan 22 gunung api di Indonesia mengalami peningkatan aktivitas. Meski terkesan terjadi secara bersamaan, tapi itu masih hal yang normal.

Disampaikan Kepala PVMBG Hedrasto, tidak ada hubungan apapun antara peningkatan aktivitas gunung yang satu dengan gunung yang lain. Menurutnya, peningkatan aktivitas gunung api ini sebenarnya tidak berlangsung bersamaan.

"Sebenarnya tidak berbarengan, tahun ini hanya ada dua naik status, Gunung Raung dan Gunung Kelud. Beberapa gunung yang lain sudah lama naik status jadi waspada," katanya kepada VIVAnews.

Berada di wilayah Cincin Api Pasifik, Indonesia memang akan merasakan aktivitas peningkatan gunung api setiap tahunnya. Karena itu, semua pihak harus siap menghadapinya. Menurut catatan PVMBG, hingga saat ini ada 22 gunung api yang aktivitasnya di atas normal.

"Tidak ada masalah apa-apa. Kita itu kan banyak punya gunung api. Setahun 5 - 10 gunung erupsi. Dan, di negara yang kaya gunung api, itu hal yang wajar," katanya.

Dikutip dari laman resmi Badan Geologi ESDM, Gunung Sinabung berstatus Awas sejak 24 November 2013. Ini merupakan level tertinggi (IV) dalam soal aktivitas sebuah gunung berapi. Namun, bukan hanya Sinabung yang perlu diwaspadai. Badan Geologi mencatat ada 21 gunung api lainnya yang menggeliat. Ini gunung-gunung yang mengalami peningkatan aktivitas. (umi)
 Gunung Semeru
 Gunung Semeru

0 comments:

Posting Komentar