05 Februari 2014

Cara Rawat Tanaman Pangkas

si-anak-nakal
Banyak rumah dan taman di sekitar kita ditanami tanaman pangkas si anak nakal Duranta repens. Tanaman ini memang menyenangkan selain dapat menjadi tanaman pagar atau pembatas, si anak nakal dapat dibentuk sesuai pola yang kita inginkan. Di pasaran beredar 2 jenis tanaman pangkas si anak nakal, yakni tipe berdaun hijau dan tipe hijau kekuningan. Di kalangan pembuat taman, yang tipe yang disebut terakhir biasa dipanggil tanaman pangkas kuning.

Si anak nakal memang dikenal memiliki pertumbuhan cepat dan percabangan kuat. Namun ia tetap memiliki kelemahan yakni saat tanaman mencapai tinggi di atas 75 cm, bagian bawah tanaman menjadi tidak rapat bahkan cenderung kosong. Bila ingin tetap di atas tinggi 75 cm dengan alasan menjadi tanaman pagar, pilihan lain yang pas adalah jenis teh-tehan Acalypha microphylla.
Nah, si anak nakal mudah ditanam. Buatlah lubang tanam sedalam 45 cm, lantas benamkan 2—3 kg pupuk kandang sebelum menanam si anak nakal tersebut. Hal yang paling penting adalah memangkas secara berkala si tanaman sesuai pola yang diinginkan, bulat atau persegi panjang.
si-anak-nakal-2Bagaimana cara perbanyakan tanaman si anak nakal? Tidak sulit. Penggandaan tanaman dapat dilakukan dengan setek batang dan setek pucuk. Setek cabang berupa cabang yang dipotes sepanjang 20—25 cm. Jarak antarsetek bila menginginkan ia berfungsi sebagai tanaman pagar adalah setiap 25 cm. Pastikan tanah yang ditanamai setek cabang tersebut selalu dalam kondisi lembap.
Penyetekan berhasil bila cabang mengeluarkan tunas setelah 1 bulan. Bila tidak cabut cabang tersebut dan sulam dengan cabang baru lain. Bila bertunas, diamkan terlebih dahulu selama 1—1,5 bulan berikutnya sebelum dipangkas untuk pertama kali. Pemangkasan hanya dilakukan untuk membuat pola yang diinginkan. Berikutnya pemangkasan dapat dilakukan setiap 2 pekan sampai tanaman terlihat kompak. Nah, supaya warna daun hijau solid, setiap sebulan sekali semprotkan tanaman dengan pupuk Urea. Dosisnya 1,5 sendok makan yang dilarutkan dalam 10 liter air.

0 comments:

Posting Komentar