01 Juli 2013

10 Ekosistem Pulau Populer di Dunia

Banyak pulau-pulau terpencil di seluruh dunia memiliki beberapa flora dan fauna yang paling unik di dunia. Beberapa spesies tanaman dan hewan yang tidak ditemukan di tempat lain dan yang telah berevolusi dengan cara yang khusus.  

Karena pulau-pulau ini menyediakan tempat berlindung dari persaingan sengit yang dihadapi spesies di daratan, spesies akan mengembangkan diri mengambil keuntungan dari kondisi langka. Sebagai warisan sejarah evolusi unik, ekosistem ini adalah harta tak tergantikan dari alam.

Ekosistem kepulauan belum tentu pulau tersebut dikelilingi oleh air, tetapi daerah bidang tanah, terisolasi dengan cara alami dari tanah sekitarnya.

#1. Pulau Galapagos


Pulau Galapagos, gambar: touropia.com

Kepulauan Galapagos adalah kepulauan kecil sebagai pulau vulkanik milik Ekuador di timur Samudera Pasifik. Pulau-pulau yang cukup terpencil dan terisolasi, sekitar 1000 km (620 mil) di barat dari benua Amerika Selatan.  

The Galapagos Island terdiri dari 15 pulau utama, 3 pulau kecil, dan 107 batu dan pulau didistribusikan di sekitar khatulistiwa. Kepulauan Galapagos terkenal di dunia untuk ekosistem unik di sebuah pulau yang merupakan inspirasi bagi Teori Charles Darwin tentang Seleksi Alam.  

Kura-kura raksasa, singa laut, pinguin, iguana laut dan spesies burung yang berbeda semua dapat dilihat dan didekati. Kontrol ketat pada akses wisata diselenggarakan dalam upaya untuk melindungi habitat alam dan semua pengunjung harus disertai oleh naturalis pemandu wisata nasional bersertifikat. Salah satu wisata tujuan Ekuador terbesar, pulau-pulau saat ini menerima rata-rata 60.000 pengunjung per tahun.

#2. Taman Nasional Pulau Komodo

Pulau Komodo, Indonesia. gambar: touropia.com

Taman Nasional Komodo adalah sebuah taman nasional di Indonesia terletak di dalam Selat Sunda. Taman ini mencakup tiga pulau besar yakni Komodo, Padar dan Rincah, dan 26 pulau yang lebih kecil.

Taman awalnya dibentuk untuk melestarikan binatang unik Komodo, kadal terbesar di dunia. Sejak itu tujuan konservasi telah diperluas untuk melindungi seluruh keanekaragaman hayati, baik laut dan darat.  

The Komodo Dragon reptil hidup terbesar di dunia dan bisa mencapai 3 meter atau lebih panjang dan berat lebih dari 70 kg. Karena ukuran mereka, kadal ini mendominasi ekosistem pulau di mana mereka tinggal. Meskipun komodo kebanyakan makan bangkai hewan mati, mereka adalah predator tangguh dan juga akan berburu mangsa termasuk burung, dan mamalia. Meskipun serangan sangat langka, Komodo telah dikenal dapat menyerang manusia.

#3. Pulau Socotra


Socotra atau Soqotra adalah sebuah wilayah lepas pantai Yaman, kepulauan kecil dari empat pulau di Samudera Hindia. Pulau terbesar disebut Socotra, dengan sekitar 95% dari daratan nusantara. Pulau ini sangat terisolasi dan terletak sekitar 240 kilometer (150 mil) timur Tanduk Afrika dan 380 kilometer (240 mil) selatan Semenanjung Arab.

Isolasi geologis yang panjang dari kepulauan Socotra dan panas yang sengit dan kekeringan telah bergabung untuk menciptakan ekosistem yang unik dan spektakuler. Survei telah mengungkapkan bahwa lebih dari sepertiga dari 800 spesies tanaman atau lebih dari Socotra tidak ditemukan di tempat lain. Ini telah digambarkan sebagai tempat yang paling asing di Bumi.

#4. Pulau Chritsmas


Dinamakan pada 1643 untuk hari penemuannya, Pulau Christmas adalah wilayah Australia di Samudera Hindia. Terletak 2.600 kilometer (1.600 mil) barat laut kota Perth. Kota ini memiliki populasi sekitar 1.400 warga. 

Isolasi geografis pulau dan sejarah gangguan manusia yang sedikit telah menyebabkan tingkat endemisme yang tinggi di antara flora dan fauna. Spesies paling terkenal endemik pulau mungkin adalah Kepiting Merah Pulau Natal.

Meskipun terbatas pada wilayah yang relatif kecil, diperkirakan bahwa sampai dengan 120 juta kepiting merah dapat hidup di pulau sehingga yang paling melimpah dari 14 spesies kepiting darat di Pulau Christmas. Setiap tahun kepiting merah bermigrasi massal ke laut untuk bertelur dan disebut salah satu keajaiban dunia alami dan berlangsung setiap tahun sekitar November, setelah awal musim hujan dan sinkronisasi dengan siklus bulan.

#5. Pegunungan Roraima


Sebuah gunung tampak seperti meja ditemukan di Guyana Highlands dari Amerika Selatan. Yang tertinggi (2.772 m/9094ft) dan paling terkenal adalah Gunung Roraima. Karena gunung ini benar-benar terisolasi dari hutan dan hampir sepertiga dari spesies tanaman hidup di Roraima berevolusi di sana dan sangat unik untuk dataran tinggi

Mount Roraima terkenal pada tahun 1912 ketika Sir Arthur Conan Doyle menulis novelnya fiksi yang berjudul The Lost World. Menggambarkan pendakian gunung Roraima-seperti oleh sebuah ekspedisi untuk mencari tanaman prasejarah dan dinosaurus yang diyakini hidup terisolasi dan tidak berubah selama jutaan tahun di puncak gunung tersebut.

#6. Pulau Ogasawara




Kepulauan Ogasawara adalah sebuah kepulauan lebih dari 30 pulau subtropis dan tropis, secara administratif merupakan bagian dari Tokyo tetapi terletak sekitar 1.000 kilometer (620 mil) selatan kota. Sampai tahun 1830, Kepulauan Ogasawara yang berpenghuni dan disebut "Muninjima" (yang berarti "pulau tak berpenghuni") yang berubah menjadi nama Inggris Kepulauan Bonin.  

Karena mereka telah bebas dari aktivitas manusia sampai saat ini, ekosistem pulau-pulau telah terpelihara dengan baik. Kepulauan Ogasawara kadang-kadang disebut sebagai Galapagos dari Timur. Saat ini ada sekitar 2.300 orang yang tinggal di pulau Chichijima dan Hahajima, dan sekitar 17.000 wisatawan mengunjungi pulau-pulau setiap tahun karena tertarik oleh ekosistem pulau yang unik dan keindahan laut.

#7. Pegunungan Bosavi


Gunung Bosavi adalah gunung berapi di Provinsi Dataran Tinggi Selatan Papua Nugini. Sebuah ekspedisi 2009 oleh sebuah tim ilmuwan internasional dan kru televisi dari BBC menemukan lebih dari 40 spesies yang sebelumnya tidak diketahui ketika mereka turun ke kawah dalam beberapa kilometer dari Gunung Bosavi dan mengeksplorasi habitat hutan murni penuh dengan kehidupan yang telah berkembang dalam isolasi sejak Gunung berapi terakhir meletus sekitar 200.000 tahun yang lalu.

Spesies ditemukan di dunia ini hilang termasuk 16 katak, setidaknya 3 ikan, beberapa serangga dan laba-laba, kelelawar, dan tikus raksasa, berukuran 82 cm (32 inci) dari hidung ke ekor dan berat 1,5 kg kekalahan (3,5 pon ).
#8. Pulau Lord Howe


Pulau Lord Howe adalah sebuah pulau kecil di Laut Tasman 600 kilometer (370 mil) dari timur daratan Australia. Pulau Lord Howe merupakan contoh luar biasa dari suatu ekosistem pulau yang dikembangkan dari aktivitas gunung berapi bawah laut, memiliki keragaman pemandangan langka, flora dan fauna

Tingginya proporsi spesies endemik memberikan ilustrasi yang luar biasa dari proses evolusi independen di tempat kerja. Hampir setengah dari tanaman asli pulau itu adalah endemik. Salah satu yang paling terkenal adalah Howea, sebuah genus endemik telapak tangan yang dikenal sebagai telapak tangan Kentia dan membuat tanaman hias tampan

Beberapa juta diekspor setiap tahun menyediakan satu-satunya industri pariwisata besar di pulau terpisah. Populasi Pulau Lord Howe adalah sekitar 350 orang. Hanya 400 wisatawan yang diizinkan untuk mengunjungi pulau pada satu waktu.

#9. Pulau Sir Bani Yas


Sir Bani Yas adalah yang terbesar, pulau alami di Uni Emirat Arab. Selama dua dekade terakhir pulau telah berubah menjadi suaka margasatwa oleh penguasa akhir dari Uni Emirat Arab, Sheikh Zayed

Jutaan pohon ditanam dan banyak spesies hewan diperkenalkan dari pulau, termasuk rusa, rhea, jerapah, dan burung unta. The Arabian Oryx, spesies antelope, kini punah di alam liar, tetapi Sir Bani Yas Island adalah rumah bagi kawanan lebih dari 400 yang berkeliaran dengan bebas di pulau itu.

#10. Pulau Mona


Mona Island terletak di tengah Mona Passage dan secara administratif merupakan bagian dari Puerto Rico. Ini adalah yang terbesar dari tiga pulau yang terletak di selat, yang lainnya adalah Pulau Monito dan Pulau Desecheo

Pulau ini ditemukan oleh Columbus tahun 1493, selama perjalanan kedua ke Dunia Baru. Mona Island telah menjadi cagar alam sejak tahun 1919 dan tidak berpenghuni selama lebih dari 50 tahun. Karena topografi yang unik pulau-pulau 'dan ekologi, Mona, Desecheo dan Monito telah dijuluki "The Galapagos Islands of the Caribbean"

Mona Iguana ditemukan di tempat lain di dunia, dianggap spesies yang paling spektakuler di pulau. Sebagai herbivora asli terbesar dari ekosistem mereka, mereka sangat penting untuk menjaga keseimbangan antara iklim dan vegetasi. Pulau ini juga rumah bagi banyak gambar gua yang ditinggalkan oleh penduduk pra-Kolombia pulau itu.

1 comments:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus