01 Juli 2013

Mengenal Salah Satu Kelainan Kulit Vitilago

Masih ingatkah anda kepada sosok bernama Micael Jackson yang merupakan King of Pop berkewarganegaraan Amerika Serikat? Dalam sebuah sesi wawancara, dirinya menyebutkan bahwa kulitnya yang kini berubah menjadi putih tersebut adalah diakibatkan oleh salah satu penyakit atau kelainan kulit bernama Vitilago. Namun tahukah anda apa itu Vitilago? Kalau belum tahu akan lebih baik jika anda membaca artikel ini dengan seksama
Vitilago sendiri adalah salah satu jenis kelainan pada kulit dimana menimbulkan bercak putih di permukaan kulit. Secara gamblang bisa disebutkan bahwa dampak yang sangat kentara dari adanya Vitilago adalah berubahnya warna kulit menjadi lebih putih dari warna asli kulit anda.
VitilagoVitilago sendiri dalam dunia kesehatan memiliki nama lain yakni leucoderma. Vitilago sendiri bukanlah penyakit yang diturunkan oleh gen atau bawaan, jadi secara lebih khusus penyakit ini bisa menyerang siapa saja yang berasal dari warna kulit apa saja dan ras manapun di dunia. Vitilago sendiri biasanya muncul pada bagian tubuh seperti tangan, wajah, dan berpotensi yang sama juga pada bagian tubuh yang lain, selain itu, Vitilago juga bisa menutupi seluruh bagian kulit untuk penderita yang lama.
Penyebabnya adalah salah satu sel bernama melanocytes, yang berfungsi untuk memproduksi warna pada kulit mati. Alhasil warna kulit yang berada di sekitar sel melanocytes yang mati tersebut akan berubah atau berbeda dari warna kulit lainnya.
Namun, dari beberapa sumber disebutkan bahwa faktor yang menyebabkan matinya sel melanocytes hingga saat ini masih menjadi pertanyaan. Karena belum diketahui secara pasti, akan tetapi dari beberapa dugaan yang berkembang disebutkan bahwa matinya sel melanocytes ini disebabkan oleh adanya faktor genetik, kegagalan sistem imun tubuh, radikal bebas yang tinggi, serta luka atau cedera karena terbakar matahari.
Selain beberapa dugaan di atas, ada juga dugaan bahwa stres, kurang vitamin B12, zinc, dan zat folat serta tembaga juga menjadi penyebab matinya selmelanocytes. Namun yang paling penting anda ketahui bahwa, penyakit bernama Vitilago ini tidak menularkan penyakitnya seperti panu atau kusta. Jadi, aman untuk anda bisa berinteraksi dengan orang-orang yang terkena Vitilago ini.
Mengenai bagaimana mengobati? Hingga saat ini, para ahli medis belum menemukan cara agar Vitilago ini bisa sembuh. Namun, hanya terdapat cara agar penyakit ini tidak cepat tumbuh dan meluas di seluruh bagian tubuh saja.

0 comments:

Posting Komentar