01 Juli 2013

Seniman Vietnam Desain Patung Indah Dari Tunggul Akar Bambu

patung-akar-bambu
Hasil ukiran patung dari tunggul akar bambu I anneandmonica.blogspot.ro
Seniman patung pada umumnya merancang patung Budha dari batang pohon kayu dan hal itu bisa banyak ditemukan di pulau Bali dan bahkan di Vietnam. Seniman Vietnam satu ini kreativitasnya cukup unik, ia mengukir patung dari tunggul akar bambu (dahan batang akar bambu). 
Patung terbuat dari tunggul akar bambu ini cukup realitis, benda patung punya jenggot dan kumis pula.  Huynh Phuong Do demikian itu nama pembuat patung dari tunggul akar bambu asal Vietnam, seniman ini setidaknya telah belajar mengukir patung sejak usia 15 tahun. 
Huynh Phuong Do mendapatkan inspirasi patung tunggul akar bambu ini akibat banjir besar.  Dia telah mengukir kayu sejak ia berusia 15 tahun, tinggal di Hoi An, Vietnam. Ia terkenal sebagai Vietnam Bamboo Village, sulit baginya untuk berdiri bersaing di antara puluhan pengrajin berbakat dan pematung lainnya.  Tapi satu hari, tujuh tahun lalu, banjir di hulu Sungai Thu Bon membawa tunggul bambu ke tepi sungai di depan rumahnya.  Puing-puing bambu itu mengaduk di isi kepalanya, dan ia mengambil beberapa tunggul bambu untuk dibuatkan beberapa patung. 
Sedikit yang ia tahu ini adalah awal dari sebuah bisnis yang sangat sukses. Hari ini, Huynh Phuong Do memiliki showroom patung sendiri, dan karya-karyanya dapat ditemukan di lebih dari 20 toko-toko suvenir Hoi An.  Dia menghabiskan seluruh hari-harinya merenungkan tunggul akar bambu, memikirkan cara untuk memberi mereka penampilan wajah manusia yang realistis, dan perjuangannya untuk membuat patung mencapai 200-300 buah per bulan untuk memenuhi permintaan dari wisatawan. (artikel disadur dari odditycentral.com)
patung-dari-akar-bambu
Patung di ukir dari tunggul akar bambu I journal.goingslowly.com

0 comments:

Posting Komentar