05 Juni 2013

Bertransaksi Di Bursa Berjangka Mirip Dengan Di Bursa Saham

http://images.detik.com/content/2011/11/07/781/monex-content.jpg
Jakarta - Meskipun produk yang ditransaksikan di bursa berjangka berbeda dari yang ditransaksikan di bursa saham, namun cara bertransaksinya mirip dengan di bursa saham.

Di dunia bursa berjangka Indonesia, sistem perdagangan online sudah populer digunakan oleh semua pialang yang menjadi anggota bursa sama seperti bursa saham yang juga sudah menggunakannya. Platform online trading yang sangat populer dipakai oleh para pialang adalah platform meta trader 4.

Di dalam platform tersebut, terdapat harga permintaan dan penawaran atau lebih dikenal dengan istilah harga bid dan ask. Untuk menjual, diberlakukan harga bid sementara untuk membeli, diberlakukan harga ask. Para trader tinggal mengklik kedua harga tersebut untuk melakukan pembelian atau penjualan.

Para trader pun bisa melakukan pemesanan (order) terlebih dahulu untuk membeli atau menjual instrumen di harga tertentu yang dikehendaki sama seperti yang dilakukan di bursa saham. Untuk sistem perdagangan alternatif atau SPA yang dijalankan di bursa berjangka, pemesanan yang dilakukan ini tanpa melalui antrian, agak sedikit berbeda dengan bursa saham yang harus mengantri terlebih dahulu. Asal harga sudah sesuai dengan pesanan, order akan langsung tereksekusi.

Pada perdagangan bursa berjangka, ada istilah yang disebut two way transaction opportunity. Maksudnya, para pedagang bisa membuka posisi baru membeli atau pun menjual. Di bursa saham, untuk mulai bertransaksi biasanya para pedagang harus membeli saham terlebih dahulu. Baru kemudian untuk mendapatkan gain atau keuntungan, saham yang dimiliki tersebut dijual. Nah di bursa berjangka, para pedagang dapat membuka posisi jual terlebih dahulu tanpa didahului oleh pembelian instrumen/barang terlebih dahulu.

Apa kelebihan dari two way transaction opportunity ini? Bayangkan bila kondisi pasar keuangan saat ini dalam tren bearish / turun. Jika di bursa saham, orang yang sudah membeli saham tertentu, terpaksa harus menjualnya agar tidak merugi terlalu banyak atau menahan saham itu dalam jangka waktu tertentu hingga tren harga berbalik naik kembali tanpa berbuat apa apa. Di bursa berjangka, para pedagang dapat membuka posisi jual atau sell dulu sehingga ketika harga turun, posisi ini akan menghasilkan keuntungan atau profit.

Pada kejadian seperti tahun 2008, dimana harga saham anjlok dalam selama berbulan-bulan. Di bursa berjangka, para pedagang dapat memanfaatkan tren ini untuk meraih gain dengan membuka posisi jual terlebih dahulu.

Bila ingin mencoba bertransaksi di bursa berjangka, kita bisa mencoba demo account yang ditawarkan pialang secara gratis.

0 comments:

Posting Komentar