23 Desember 2018

Equityworld Futures Pusat : Pejabat Top Trump memanggil bankir, bentuk 'Plunge Protection Team'

PT. Equityworld Futures – Sekretaris Perbendaharaan AS Donald Trump menghubungi para bankir terkemuka AS pada hari Minggu di tengah kekacauan yang berkelanjutan di Wall Street dan membuat rencana untuk mengumpulkan sekelompok pejabat yang dikenal sebagai 'Plunge Protection Team'.

Saham A.S. telah jatuh tajam dalam beberapa pekan terakhir di tengah kekhawatiran perlambatan pertumbuhan ekonomi, dengan indeks S&P 500 (SPX) pada langkah untuk penurunan persentase terbesar pada bulan Desember sejak Depresi Hebat.

"Hari ini saya mengadakan panggilan individu dengan para CEO dari enam bank terbesar di negara itu," kata Menteri Keuangan Steven Mnuchin di Twitter tak lama sebelum pasar keuangan akan dibuka di Asia.

Indeks saham berjangka AS turun pada hari Minggu karena perdagangan elektronik dilanjutkan untuk memulai minggu yang diperpendek liburan. Pada awal perdagangan, kontrak berjangka e-mini S&P 500 turun sekitar seperempat persen.

Departemen Keuangan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Mnuchin berbicara dengan kepala eksekutif Bank of America (N: BAC), Citi (N: C), Goldman Sachs (N: GS), JP Morgan Chase (N: JPM), Morgan Stanley ( N: MS) dan Wells Fargo (N: WFC).

"Para CEO mengkonfirmasi bahwa mereka memiliki likuiditas yang cukup untuk dipinjamkan," kata Departemen Keuangan.

Mnuchin "juga mengkonfirmasi bahwa mereka belum mengalami masalah izin atau margin dan bahwa pasar terus berfungsi dengan baik," kata Departemen Keuangan.

Seruan Mnuchin kepada para bankir datang di tengah penutupan sebagian pemerintah yang dimulai pada hari Sabtu menyusul kebuntuan di Kongres atas permintaan Trump untuk lebih banyak dana untuk tembok di perbatasan dengan Meksiko. Pendanaan sekitar seperempat dari program pemerintah federal berakhir pada tengah malam pada hari Jumat dan penutupannya dapat berlanjut hingga 3 Januari.

Baca juga: Equityworld Futures Pusat : Saham Asia Ditundukkan Hari Senin Karena Investor Cemas Ketidakstabilan Politik

Departemen Keuangan mengatakan Mnuchin akan mengadakan pertemuan pada hari Senin dengan Kelompok Kerja presiden untuk Pasar Keuangan, yang mencakup pelayan utama Washington dari sistem keuangan AS dan kadang-kadang disebut sebagai "Tim Perlindungan Terjun."

Kelompok ini, yang juga bersidang pada tahun 2009 selama tahap terakhir dari krisis keuangan, termasuk pejabat dari Federal Reserve serta Komisi Sekuritas dan Bursa.

Wall Street juga erat mengikuti laporan bahwa Trump telah secara pribadi membahas kemungkinan memecat Ketua Federal Reserve Jerome Powell. Mnuchin mengatakan pada hari Sabtu bahwa Trump mengatakan kepadanya bahwa dia "tidak pernah menyarankan untuk menembak" Powell.

Trump telah mengkritik bank sentral AS karena menaikkan suku bunga tahun ini, yang selanjutnya dapat mengurangi pertumbuhan ekonomi. Kemandirian The Fed dipandang sebagai pilar sistem keuangan A.S.

Panggilan Mnuchin datang karena berbagai kelas aset telah menderita kerugian besar.

Pada bulan Desember saja, S&P 500 (SPX) turun hampir 12,5 persen, sedangkan Nasdaq Composite (IXIC) telah merosot 13,6 persen. Nasdaq sekarang berada di pasar bearish, setelah turun hampir 22 persen dari rekor tertingginya pada akhir Agustus, dan S&P tidak jauh dari level itu.

Pasar kredit korporasi juga berada di bawah tekanan, dan langkah-langkah pasar obligasi korporasi dengan peringkat investasi siap untuk kinerja tahunan terburuknya sejak krisis keuangan 2008.

Pasar obligasi dengan imbal hasil tinggi, di mana perusahaan-perusahaan dengan profil kredit terlemah mengumpulkan modal, belum melihat kesepakatan sepanjang bulan. Terakhir kali yang terjadi adalah pada November 2008.

Sumber Reuters diedit oleh : Equityworld Futures Pusat

0 comments:

Posting Komentar