20 Mei 2013

Gerakan Cinta Museum Perlu Terus Digelorakan

Museum merupakan satu diantaranya untuk tahu dan belajar mengenali peradaban manusia dari zaman dahulu hingga saat ini.
Terkait dengan hal itu, pameran bersama 10 museum di Jawa Timur yang digelar di museum Tugu Pahlawan Surabaya, mulai Senin (20/5/2013), diharapkan dapat membangkitkan kecintaan masyarakat pada museum.
“Awalnya memang mungkin hanya ingin melihat bagaimana isi dari museum. Tetapi jika itu dilakukan terus menerus diharapkan masyarakat akan memiliki kepedulian serta kecintaan terhadap museum. Ini perlu terus menerus digelorakan,” terang Mochmad Sutopo SE, ketua Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Tugu Pahlawan Surabaya.

Dari jadwal yang sudah ada, lanjut Sutopo, sekurangnya 50 sekolah SD hingga SMA di Surabaya dijadwalkan bakal mengunjungi pameran museum tersebut hingga Jumat (24/5/2013) mendatang.

“Ada sekurangnya 50 sekolah yang sudah masuk dan mendaftar untuk hadir melihat pameran museum bersama tersebut. Dan ini sangat menggembirakan bagi kami, animo masyarakat termasuk kalangan pelajar sangat antusias,” lanjut Sutopo.

Pameran museum kali ini, tambah Sutopo, dikemas sedemikian rupa, agar dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap museum dan menjadikan museum sebagai satu diantara objek wisata penting.

Museum saat ini berkembang ke arah yang lebih baik sejak dicanangkannya gerakan cinta museum secara nasional. Ini juga untuk memberikan semangat masyarakat tentang pentingnya memahami eksistensi museum.

“Karena dengan berkunjung ke museum bisa membentuk pola pikir ke arah arti pentingnya pemahaman sejarah. Dan itu penting bagi kita semua, bagi kalangan pelajar, dan masyarakat,” pungkas Sutopo saat berbincang dengan suarasurabaya.net, Senin (20/5/2013).(tok)

Teks Foto:
-Museum sebagai bagian penting perjalanan sejarah dan peradaban.
Foto: Totok suarasurabaya.net

0 comments:

Posting Komentar