03 September 2013

Harga Emas Comex: Naik 1,14%, Khawatir Invasi AS ke Suriah

130523_emas comexok.jpg
CHICAGO--Harga emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange naik pada Selasa (3/9/2014) atau Rabu WIB untuk pertama kalinya dalam empat sesi, di tengah kekhawatiran bahwa ketegangan di Timur Tengah akan meningkat.

Meningkatnya ketegangan di Timur Tengah menyusul rencana serangan militer AS terhadap Suriah mengangkat daya tarik terhadap aset-aset "safe-haven", termasuk emas.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember naik  US$15,9 atau 1,14% menjadi menetap di US$1.412 per ounce. Perdagangan reguler di Comex ditutup pada Senin (2/9/2013) untuk liburan Hari Buruh federal.

Pasar saham dan minyak tergerus oleh apa yang Israel gambarkan sebagai uji terbang bersama dengan AS untuk sistem intersepsi rudal Arrow-nya di atas Laut Mediterania.

Analis pasar mengatakan ada banyak ketidakpastian di udara, dan daya tarik "safe-haven" untuk emas kembali, karena ada kekhawatiran bahwa itu mungkin bentuk serangan tidak langsung terhadap Suriah sebelum Kongres AS bertemua pada pekan depan.

Presiden AS Barack Obama telah meningkatkan lobinya sejak pada 31 Agustus mengatakan bahwa ia akan mencari otorisasi Kongres untuk menyerang Suriah atas tuduhan penggunaan senjata kimia. (Reuters/Bloomberg)

Source : Newswire
Editor : Ismail Fahmi

0 comments:

Posting Komentar