03 September 2013

Saham Asia Jatuh, Minyak Naik Akibat Khawatir AS Serang Suriah

130828_bursa asia jeblokok.jpg
JAKARTA - Indeks saham berjangka Asia jatuh dan minyak mentah menguat akibat kekhawatiran terhadap AS yang lebih dekat untuk serangan militer terhadap Suriah. Dolar AS diperdagangkan mendekati level tertinggi 6 minggu terhadap yen, sedangkan paladium turun.
Nikkei 225 Stock Average berjangka ditawarkan pada level 13.870 sebelum pasar dibuka di Osaka, adapun di Chicago ditawarkan mulai 13.885, sedangkan di Jepang 13.990, kemarin.
Kontrak pada Indeks S & P / ASX 200 Australia kehilangan 0,7%, sementara itu kontrak pada indeks 500 Standard & Poor (SPX) tergelincir 0,1% setelah indeks tersebut naik 0,4% di New York.
Minyak West Texas Intermediate sedikit berubah pada US$108,43 per barel, setelah naik 0,8% kemarin. Dolar AS stabil pada level ¥99,63, dan paladium melemah 0,4%.
Ketua DPR AS John Boehner mendukung seruan Presiden Barack Obama untuk tindakan terhadap Suriah, mendesak rekan-rekan untuk mengotorisasi serangan militer.
Dukungan Boehner mengupas keuntungan pada saham Amerika, yang rally setelah indeks manufaktur Institute for Supply Management naik ke level terkuat sejak Juni 2011.
Australia hari ini akan melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi melambat pada kuartal kedua. Presiden Cina Xi Jinping kemarin mengatakan bahwa pemerintah memperlambat ekspansi untuk menyesuaikan perekonomian.
"Pasar tidak menyukai perang terjadi dan prihatin tentang intervensi yang berpotensi terjadi di Suriah," James Lindsay, yang membantu mengawasi sekitar US$23 miliar sebagai fund manager Tyndall Investment Management Ltd di Auckland, mengatakan melalui telepon.
"Kami mengambil sedikit risiko dari meja. Minyak telah merebut posisinya dan itu tidak baik bagi pertumbuhan ekonomi. "
Respons Suriah
Indeks MSCI Asia Pacific kemarin naik di hari keempat, menambahkan 1,2% ke level tertinggi sejak 19 Agustus.
Adapun Indeks Topix Jepang (TPX ), yang tahun ini naik 34%, kemarin melonjak 2,8% dan merupakan keuntungan 1 hari paling tajam dalam sebulan.
The Uniqlo merek Yamaguchi, Fast Retailing Co yang berbasis di Jepang, yang sahamnya naik 56% sepanjang 2013, melaporkan peningkatan penjualan terbesar dalam 4 tahun pada Agustus terdorong oleh permintaan yang kuat untuk pakaian musim panas, menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan kemarin.
Ketua DPR Boehner, dari Partai Republik di Ohio, mengatakan bahwa penggunaan senjata kimia perlu direspons dan hanya AS yang memiliki kemampuan untuk "memperingatkan orang lain di seluruh dunia bahwa tindakan itu tidak akan ditoleransi."
Menteri Luar Negeri John Kerry mengatakan bahwa ketika Obama tidak meminta negaranya untuk pergi berperang , itu "jelas dalam kepentingan nasional kita" untuk menanggapi Suriah .
Obama mengumumkan pada 31 Agustus bahwa dia telah mencari dukungan dari Kongres untuk menyerang Suriah.
Keputusan itu muncul setelah presiden mengatakan sebelumnya bahwa dia memiliki otoritas untuk memerintahkan misi militer dalam menanggapi apa yang disebut AS, Prancis dan Inggris itu sebagai serangan senjata kimia Suriah terhadap warga sipil 21 Agustus.
Presiden mendapat dukungan bersyarat 2 September dari Senator Republik John McCain dan Lindsey Graham .

Editor : Fatkhul Maskur

0 comments:

Posting Komentar