11 Juli 2013

Harga Minyak Turun Setelah Capai Tertinggi 15 Bulan

130516_harga minyak turun-b.jpg
NEW YORK--Harga minyak dunia turun pada Jumat pagi WIB dipicu aksi ambil untung setelah mencapai tertinggi baru dalam 15 bulan didorong oleh janji Ketua Federal Reserve AS Ben Bernanke untuk mempertahankan kebijakan uang longgarnya.
Pada penutupan pasar di New York, kontrak acuan AS minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus berada di US$104,91 per barel, turun US$1,61 dari Rabu.
Di London, minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus kehilangan 78 sen menjadi US$107,73 per barel.
Sebelumnya, keduanya melonjak dengan perbedaan harga sekitar US$23 pada Februari, menyempit menjadi sekitar US$1,50.
WTI mencapai tertinggi US$107,45 per barel, tingkat yang terakhir terlihat pada akhir Maret 2012, sementara Brent mencapai US$108,93.
Penurunan itu merupakan kemunduran besar pertama dalam kenaikan selama dua pekan yang didorong sebagian oleh eskalasi konflik dan pemberontakan baru di Suriah serta kudeta militer di Mesir.
Tetapi kenaikan pada Rabu (10/7) didukung oleh penurunan besar tak terduga stok minyak mentah komersial di AS, serta komentar Bernanke yang menggarisbawahi komitmen Fed untuk mempertahankan suku bunga rendah selama lebih dari setahun lagi.
"Lonjakan minyak didorong oleh tiga hal, optimisme atas perbaikan kondisi ekonomi di Amerika Serikat, kekhawatiran eskalasi kerusuhan di Mesir, dan tingkat persediaan yang lebih rendah di AS," kata analis Ishaq Siddiqi di perusahaan perdagangan ETX Capital. (ra)

Source : Newswire
Editor : Rustam Agus

0 comments:

Posting Komentar