23 Juni 2013

Serunya Isi Liburan dengan Wisata Sejarah


Mengisi liburan bisa dengan berbagai cara. Untuk Anda yang pecinta sejarah, tak ada salahnya mengisi liburan dengan mengikuti Jambore sejarah militer dan wisata sejarah Benteng Kedung Cowek.

Seperti halnya yang diadakan oleh Rooderburg Soerabaia dan Batalion Arhanud 8 TNI AD di area Tugu Pahlawan, Minggu (23/6/2013).

Peserta yang bergabung dalam acara ini akan dimanjakan dengan pertunjukan teatrikal dari Rooderburg Soerabaia dan TNI-AD. Penonoton memang dibawa untuk mengingat terlebih dahulu tentang pertempuran arek-arek Surabaya dalam mengusir sekutu.

Kemudian, yang tak ingin menikmati aksi teatrikal bisa menikmati pameran benda-benda bersejarah era perang kemerdekaan Indonesia mulai era Romawi, perang kemerdekaan Indonesia, perang Korea hingga perang Vietnam.

Baru kemudian acara pamungkas yaitu berjalan-jalan ke Benteng Kedung Cowek. Dipilihnya lokasi Benteng Kedung Cowek karena keberadaanya sebagai The Last Standing Fort in Surabaya.

"Iya, ini kan benteng terakhir di Surabaya yang masih berdiri kokoh. Akan sayang sekali kalau keberadaannya dilupakan oleh masyarakat Surabaya," tutur panitia dai Rooderburg Soerabia, Adi Erlianto kepada detikcom, Minggu (23/6/13).

Peminat acara ini tak sedikit. Nyatanya hampir seratus orang turut hadir untuk menilik balik suasana era perang di Surabaya ini.

"Pesertanya cukup banyak, hampir seratus orang. Mereka ini rata-rata dari masyarakat umum," pungkas Adi.

Acara yang baru dihelat pertama kali ini diharapkan bisa diadakan pada tahun-tahun berikutnya, mengingat para generasi muda yang nyaris melupakan sejarah.

0 comments:

Posting Komentar